11 March 2009

Kenapa Banyak orang gagal dalam affiliate marketing?



By Sunar dari www.ebizoke.com

Semakin banyak saja orang yang tertarik untuk terjun kedalam affiliate marketing. Memang benar, affiliate marketing adalah salah satu cara yang paling efektif untuk mendapatkan penghasilan lewat Internet. Cara merchant berbagi keuntugan lewat penjualan yang terjadi melalui affiliasinya memang cukup adil, biasanya sampai dengan 50%. Seperti bisnis lainnya, penghasilan yang didapat dari affiliate marketing bergantung kepada iklan, promosi dan strategi untuk menjual produk oleh affiliasi.

Setiap harinya, industri affiliate marketing semakin berkembang, persaingan semakin tinggi, sehingga seorang affiliasi marketer harus mencari cara yang cukup kreatif , unik, dan effektif. Sehingga dapat meyakinkan pembeli potensial untuk membeli produk yang di jualnya.

Dibandingan dengan cara promosi tradisional, affiliate program lebih efektif, bebas resiko dan hemat biaya. Tetapi kenapa masih banyak yang gagal?

Kurangnya Kerja Keras

Aspek yang paling penting dari affiliate program adalah promosi. Banyak affiliate marketers gagal di aspek ini karena kurangnya kerja keras, yang merupakan hal terpenting dalam affiliate marketing dan juga dalam bisnis lainnya. Affiliate marketing tidak hanya mengarahkan pelanggan ke halaman bisnis kita. Jika anda ingin berpenghasilan besar,tentu saja, anda harus menginvestasikan waktu dan kerja keras dalam mempromosikan produk.

Seperti yang telah di sebutkan diatas, tingkat persaingan sangat tinggi dan calon pembeli juga semakin bijak membelanjakan uangnya. Karena, siapa yang tidak ingin mendapatkan barang yang berkualitas tinggi dengan harga yang murah.

Kurangnya persiapan

Ini juga merupakan penyebab seseorang gagal dalan bisnis affiliate marketing, apakah dia bertindak sebagai merchant ataupun affiliasi. Bagian dari persiapan ini adalah mencari. Untuk merchant/pedagang, ia harus selektif dalam memilih website affiliasi untuk program affiliasinya.

Untuk memastikan pilihannya tepat, ia harus mencari seorang afiliasi yang berminat tinggi, situsnya juga harus dilihat apakah cocok dengan produk dan jasa yang ditawarkannya. Pengunjung dari situs afiliasi harus sesuai dengan target yang dikehendaki. Dengan kata lain, affiliate marketer harus mencari merchandisers yang bonafit sebelum ia mendaftar sebagai seorang affiliasi. Ia harus memastikan produk merchant dan servisnya sesuai dengan minatnya, sehingga ia dapat memberikan perhatian penuh dan dedikasinya kepada program afiliasi ini.

Ia dapat memperoleh informasi yang sangat berharga dengan bergabung ke forum affiliasi, membandingan program affiliasi yang berbeda-beda dan membaca artikel tentang affiliate marketing dimana ia dapat memperoleh tips dari affiliate marketers yang berpengalaman tentang bagaimana memilih merchant terbaik dan produk dengan kualitas tinggi.

Website merupakan alat yang sangat penting dalam program affiliasi. Sebagai seorang affiliate marketer, anda harus merencanakan akan seperti apa situs anda, dari nama domain, lay-out, isi, dan letak iklan. Contoh website bagus di sini

Beberapa pengunjung menentukan penilaiannya terhadap suatu situs pada pandangan pertama saja begitu mereka melihat situs anda jelek, mereka tidak akan membaca lebih lanjut walaupun situs anda memiliki content yang banyak dan menawarkan banyak hal.

Website affiliate marketers dengan “content yang kaya” biasanya berhasil dalam bisnisnya karena content berpengaruh pada traffic untuk situsnya. Website dengan content yang berkualaitas tinggi-dengan keyword yang relevan dan yang lebih penting, informasi yang benar tentang produk dan bukan iklan omong kosong—akan memberikan anda penghasilan meskipun anda tidur.

Jika anda tidak bisa meningkatkan minat pengunjung situs anda, anda tidak akan bisa mengajak mereka ke situs merchant. Tidak ada klik berarti tidak ada penjualan dan berakibat tidak ada penghasilan untuk anda.

Nama Domain

Memilih nama domain yang ok juga krusial untuk kesuksesan dalam program afiliasi. Banyak dari situs affiliasi tidak terlihat dari hasil pencarian dengan search engine karena mereka dianggap oleh affiliate managers sebagai situs pribadi. Search engine terkemuka dan direktori akan berpikir bahwa situs anda hanya temporer sehingga, mereka tidak mencantumkan dalam daftar direktori.

Sebelum anda memutuskan nama domain, cari tahu dulu produk apa yang akan anda promosikan. Banyak yang gagal karena nama situs mereka tidak mencerminkan content, sehingga walupun anda menyediakan produk yang benar-benar dibutuhkan calon pengunjung anda, calon pengunjung anda akan berpikir situs anda tidak relevant dan tidak jadi masuk situ anda.

Keinginan Untuk Terus Belajar

Diatas segalanya, seorang affiliate marketer harus mempunyai keinginan yang kuat untuk terus belajar. Pasti, masih banyak hal yang harus dipelajari dan sebagai seorang affiliate marketer anda harus terus menerus belajar sendiri sehingga dapat meningkatkan strategi marketing anda.. Banyak yang gagal karena mereka tidak dapat menumbuhkan bisnisnya dan selalu memikirkan tentang menghasilan uang dengan cepat.

Jika anda inign hasil dalam jangka panjang, ambil waktu unutk mempelajari bisnis ini lebih dalam. Teruslah tingkatkan kemampuan anda khususnya tentang dasar affiliate marketing dari periklanan sampai pemograman, pengembangan web page , dan tehnik search engine optimization. Pelajari juga kebutuhan dan keinginan pengunjung anda dan bagaimana merchandiser yang berbeda-beda bersaing satu sama lain.

Teruslah mencoba, jangan kecewa jika percobaan pertama anda gagal. Ribuan orang tertarik dengan kemungkinan menghasilkan uang milyaran melalui affiliate marketing lalu mereka mendaftar ke sembarang program affiliasi tanpa memahami dengan hati-hati setiap aspek bisnis.

Ketika keinginan mereka tidak tercapai, mereka berhenti dan mendaftar ke program lain dan mengulangi proses mengkopi link and mengarahkan mereka ke situs merchant. Ketika anda mendaftar program affiliasi, jangan mengharapkan keajaiban. Teruslah berkerja dan bersabar. Anda tidak pernah tahu berapa yang akan anda dapat jika anda tidak mencoba.

2 komentar:

Info yang bagus mas Sunar. Keep ACTION!

Teman, disini ada bisnis afiliasi menarik :

http://edipeni.com/index.php/reseller/Reseller.html

Modal 0 , HALAL, JUJUR, Jelas Untungnya, mudah, memasarkan produk2 Indonesia (handicraft unik).

Saran : sebaiknya dikunjungi :-)

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More