25 August 2011

Kendaraan Ramah Lingkungan Ford, Nissan dan Tesla Mendapat Penghargaan dan Pinjaman Dana Milyaran Dolar


nissanev02
Lingkungan hidup kita memang sudah tak sehijau dulu, jangankan di Indonesia, di luar negeri pun hal ini dialami. Polusi dimana-mana salah satunya dipicu oleh kendaraan yang memiliki tingkat emisi tinggi sehingga ini bisa saja menjadi salah satu faktor dimana rusaknya ozon kita dan cuaca pun kadang tak menentu. Ada niatan baik datang dari para produsen kendaraan bermotor untuk mengurangi penggunaan kendaraan bermotor yang menghasilkan produksi polusi yang berlimpah. Akhirnya banyak dari produsen melakukan riset untuk menemukan model terbaru dengan emisi tingkat rendah dan polusi, salah satunya dengan konsep kendaraan listrik dan juga kendaraan bertenaga surya.
Dari banyaknya produsen yang ada, muncullah tiga nama besar yaitu Ford, Nissan dan juga Tesla. Ketiganya akhirnya mendapatkan penghargaan dari pemerintahan Amerika melalui program Advanced Technology Vehicles Manufacturing Loan, dimana dengan adanya program ini, dimaksudkan sebagai upaya peminjaman dana agar riset yang dapat dilakukan dapat berlangsung lancar dan menghasilkan apa yang menjadi keinginan selama ini agar bisa tercipta kendaraan yang ramah lingkungan.
Ford sendiri berhasil mendapatkan dana sebesar 5.9 milyar USD atau sekitar 59 triliyun rupiah. Dengan dana tersebut rencananya pihak Ford akan mengeluarkan kendaraan listrik pada tahun 2011 dan bekerja sama dengan Magna Steyr. Kendaraan listrik ini nanti akan dipasarkan ke public dan mungkin akan sebelumnya berada di model Transit pada tahun 2010.
Sedangkan Nissan sendiri didanai sebesar 1.6 milyar USD atau sekitar 16 triliyun rupiah untuk dapat terus mengembangkan Tennesee yang merupakan mobil listrik besutannya. Nissan memang yang menjadi pelopor dari industri ini dan telah menjanjikan nantinya akan memproduksi kendaraan dengan baterei lithium ion dan akan segera menggebrak jalanan di Amerika pada tahun 2010. Sebagai demo, pihak Nissan menampilkan model EV-02 test mule ke pada pers, dimana nantinya ini akan dibekali dengan Nissan Cube dan dapat berjalan sampai 100 mil sekali jalan. Sedangkan proyek Tennesee rencananya akan diproduksi hingga 150.000 motor per tahun dan akan dibuat 200.000 paket baterei lithium ion per tahunnya sebagai bahan baker. Rencana ini sendiri baru akan dimulai pada tahun 2012.
Nah untuk Tesla sendiri berhasil mendapatkan dana 465 juta USD atau sekitar 4,65 triliyun rupiah yang direncanakan akan dipakai untuk memproduksi kendaraan sedan listrik Model S.
Diharapkan nantinya dengan banyaknya kendaraan listrik ini, akan mengurangi polusi yang ada di lingkungan Amerika dan tak menutupi kemungkinan bisa saja nanti produk-produk ini dilempar ke luar negeri bahkan ke Indonesia. Kita tunggu kabar selanjutnya.

republished from http://www.beritateknologi.com/kendaraan-ramah-lingkungan-ford-nissan-dan-tesla-mendapat-penghargaan-dan-pinjaman-dana-milyaran-dolar/

0 komentar:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More